Program Volume Tabung

Berikut langkah-langkahnya: 
Buka program Scratch, menyesuaikan dengan blok yang digunakan
Tentukan nilai π (phi) sama dengan 3,14
Masukkan jari-jari tabung
Masukkan tinggi tabung
Hitung volume tabung menggunakan rumus π * jari-jari * jari-jari * tinggi
Tampilkan nilai volume tabung

ATAU JUGA BISA MELALUI LANGKAH LANGKAH BERIKUT :

Membuat Variabel
Tekan bagian variabel, lalu masukkan variabel. Buatlah variabel jari jari, tinggi, luas lingkaran, volume


Membuat Blok
tekan pada bagian blok
isi dengan "luas lingkaran"
masukkan input "jari jari"
tekan oke
buat blok baru dgn isi "volume tabung"
masukkan input "luas lingkaran" dan "tinggi"


Blok-Blok yang Digunakan
•ketika Bendera Hijau Diklik: 
•tanya "Masukkan Jari-jari Tabung" dan tnggu
•atur Jari-jari ke jawaban
•tanya "masukkan tinggi tabung" lalu tnggu
•atur Tinggi ke Jawaban
•tetapkan Volume ke (3.14 * jari-jari * jari-jari * tinggi): karena rumus volume tabung adalah  πr²h (pi x jari-jari kuadrat x tinggi) 
•katakan (Gabungkan "Volume Tabung Adalah" dan Volume) selama 2 detik: Program akan menampilkan hasil perhitungan volume tabung kepada pengguna selama 2 detik.

Penggunaan Rumus
MENCARI LUAS LINGKARAN
pergi ke bagian variabel
ambil "set luas lingkaran to"
ambil bagian operator dan pilih perkalian sebanyak 2 buah
masukkan operator 1 ke dalam operator 2
masukkan phi (3.14 atau 22/7)
lalu ambil "jari jari" pada bagian define dan letakkan pada operator

MENCARI VOLUME TABUNG
ambil "set volume to" 
ambil bagian operator dan pilih perkalian
lalu ambil "luas lingkaran" dan "tinggi" pada bagian define dan letakkan ke dalam blok operator

Cara Kerja Program
ketika bendera hijau diklik.program meminta pengguna memasukkan jari-jari dan tinggi tabung.lalu program menghitung volume tabung menggunakan rumus yang telah ditentukan.untuk output, program menampilkan hasil perhitungan volume tabung kepada pengguna.

Komentar